July 18, 2010

Jelang Puasa, Diskoperindag Gelar OP

| July 18, 2010 | 0 comments

OP Mitan Tidak Boleh Berhenti

MATARAM—Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Mataram segera menggelar Operasi Pasar (OP) untuk antisipasi kenaikan harga jelang Ramadan. Dalam operasi ini Diskoperindag akan menggelar pasar murah di semua kecamatan dengan jumlah paket sembako yang akan dijual sebanyak 6 ribu paket.
Operasi pasar murah ini akan digelar mulai tanggal 2 hingga 9 Agustus, satu kecamatan mendapat jatah satu lokasi. Di lokasi tersebut akan disebar 1000 paket sembako yang berisi 3 kg beras, 1 kg gula pasir dan 1 liter minyak goreng. Dari pemerintah kota Mataram sendiri memberikan subdisi Rp 12.500 untuk tiap paket sembako ini.
‘’Harga sebenarnya Rp 42.500, tapi karena ada subsidi masyarakat hanya membayar Rp 30.000 per paket,’’ kata Kepala Diskoperindag Kota Mataram, H Marzuki Sahaz didampingi Kabid Perdagangan Bambang JW saat koordinasi dengan seluruh kecamatan di kantor Diskoperindag, kemarin.
Untuk mencegah sembako murah ini salah sasaran, Diskoperindag akan meyebar kupon pada masyarakat. Masyarakat yang mendapat kupon tersebut harus dari keluarga kurang mampu. Nantinya dari pihak kecamatan yang akan membagikan kupon tersebut secara merata.
Selain itu dari Diskporeindah juga akan mengundang pihak distributor sembako untuk berjualan di tempat OP tersebut. Nantinya masyarakat bisa mendapatkan barang dengan harga yang lebih murah dari pasaran.
‘’Ini untuk membantu masyarakat meringkatkan beban. Apalagi menjelang puasa,’’ kata Marzuki.
Kegiatan OP ini akan dimulai dari Kecamatan Sandubaya pada tanggal 2 Agustus, Cakranegara 3 Agustus, Selaparang 4 Agustus, Mataram 5 Agustus, Sekarbela 7 Agustus dan Ampenan 9 Agustus. Untuk penentuan kelurahan yang akan menjadi titik pusat OP, Diskoperindag meminta agar prioritas pada daerah yang banyak warga miskinnya dan daerah tersebut belum pernah mendapat jatah OP tahun-tahun sebelumnya.
Sementara itu mengenai OP Minyak Tanah sempat beredar kabar akan ada penghentian sementara dari pihak Pertamina. Kabarnya Pertamina kewalahan dengan adanya OP Mitan yang direncanakan akan berlangsung hingga akhir bulan Juli ini.
‘’Ya memang Pertamina sempat mengeluh minta penundaan. Tapi saya kami katakan justru lebih berbahaya kalau ada penundaan, masyarakat sudah dikasih tahu jadwal OP dan bisa-bisa nanti mereka demo Pertamina kalau sampai di-stop,’’ kata Marzuki.
Kabid Perdagangan, Bambang, mengatakan dari 50 kelurahan yang ada di Kota Mataram sebanyak 30 kelurahan mengajukan OP Mitan. Jadwal OP Mitan pun sudah disebar dan diinformasikan pada masyarakat. Jika Pertamina ingin melakukan perubahan OP Mitan sebaiknya hanya pergeseran waktu saja, bukan menghentikan OP.
‘’Kalau sampai dihentikan berbahaya, masyarakat bisa menuntut karena sejak awal mereka sudah dikasih tahu,’’ ujarnya.

Source : www.lombokpost.co.id

0 comments:

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com