July 19, 2010

Pembangunan Bypass Lombok Nyaris Distop !!!

| July 19, 2010 | 0 comments

PRAYA—Pembangunan lanjutan bypass di Dusun Batu Bedug, Desa Batujai, Kecamatan Praya Barat, Lombok Tengah (Loteng), nyaris distop. Pemicunya, miskomunikasi antara warga sekitar pada Sabtu lalu.
Informasi yang diperoleh Lombok Post di Dusun Batu Bedug meyebutkan, kelompok yang ingin menyetop pengerjaan bypass berasumsi pekerjaan miliran rupiah tersebut dikerjakan subkontraktor dari luar Desa Batujai. Setelah ditelusuri, pekerjaan by pass dilakukan sub kontraktor desa setempat.
Salah seorang warga yang menginginkan pembangunan by pass distop L Raharja mengatakan, masyarakat menyetop pembangunan karena tidak adanya asas pemberdayaan masyarakat lokal.
Saat Bandara Internasional Lombok (BIL) dibangun, masyarakat Desa Batujai tidak bisa menjadi subkontraktor. Hanya warga beberapa desa saja yang boleh bekerja. Namun ketika by pass dibangun, kelompok yang bekerja di BIL ingin masuk sebagai subkontraktor. ‘’Masyarakat tidak terima kalau subkontraktor luar yang bekerja. Perusahaan pemenang tender harus memperhatikan hal itu,’’ kata L Raharja.
Purnawirawan Polri ini menambahkan, subkontraktor yang ditunjuk pemenang tender adalah yang menawar dengan harga terendah. Subkon tersebut berasal dari luar Desa Batujai.
L Raharja khawatir, subkon dengan harga penawaran terendah tidak akan bekerja maksimal. Kualitas pengerjaan bypass terabaikan.
Pada proyek kelanjutan by pass di Desa Batujai, kepala desa setempat telah mengeluarkan rekomendasi nama subkon lokal yang akan bekerja.
Namun rekomendasi tersebut diduga tidak digubris perusahaan yang memenangkan tender lanjutan by pass.
Terpsisah, warga Desa Batujai lainnya Gde Atem mengatakan, ia merupakan subkon pengerjaan lanjutan by pass. ‘’Ini hanya miss komunikasi saja. Masyarakat tidak tahu kalau saya subkon proyek ini,’’ papar Gde Atem didampingi warga Desa Batujai lainnya.
Karena hanya miss komunikasi, Gde Atem yakin persoalan tersebut tidak akan membias. Pihaknya akan berkomunikasi dengan kelompok masyarakat yang sempat memrotes.

Source : www.lombokpost.co.id

0 comments:

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com