July 6, 2010

Persyaratan Belum Lengkap, Rinjani Bisa Terdepak

| July 6, 2010 | 0 comments


Masuk Sebagai Geopark

MATARAM—Keinginan untuk menjadikan Gunung Rinjani sebagai Geopark yang diakui UNESCO sepertinya masih menjadi mimpi. Hingga saat ini, status Geopark tersebut belum juga melekat pada gunung yang memiliki ketinggian 3.726 meter tersebut.
‘’Masih ada kekurangannya. Ini harus dilengkapi. Kita pernah serahkan, tapi setelah diperiksa beberapa masih kurang,’’ kata Ketua Tim Pengkajian Rinjani untuk menjadi Geopark Heryadi Rachmat pada wartawan, Sabtu (3/7) di Mataram.
Untuk diakui menjadi Geopark, memang membutuhkan waktu panjang dan perjuangan keras. Dikatakan mantan Kasid Pertambangan dan ESDM NTB ini, beberapa negara yang sudah memiliki geopark membutuhkan waktu 3 hingga 4 tahun.
Untuk itulah, diharapkan pemprov NTB bisa lebih giat dalam memperjuangkan hal ini. ‘’Kita harus lebih giat lagi,’’ ujar lelaki yang dikenal ramah dengan wartawan ini.
Dalam beberapa kali pertemuan tim memang sering dibahas tentang kekurangan tersebut. Memang ada perkembangan, hanya saja perkembangan tersebut lamban dan masih banyak kekurangan. Kalau NTB ingin cepat menjadikan Rinjani sebagai Geopark tentunya perlu tenaga ekstra.
Dengan status sebagai Geopark, akan menguntungkan bagi Rinjani dan NTB. Nantinya seluruh dunia akan membantu dalam penataan dan pelestarian Rinjani. Ketika menjadi Geopark, seluruh dunia ikut bertanggungjawab terhadap Rinjani.
Selain itu, pengembangan kawasan Rinjani sebagai kawasan wisata juga akan terbuka lebar. Saat ini setidaknya ada delapan potensi wisata di kawasan Rinjani, yaitu mata air panas Sebau, air terjun jeruk manis kembang kuning, air terjun otak kokoq joben, desa adat senaru yang memiliki 3 air terjun, puncak Rinjani, Danau Segara Anak, air terjun dan mata air panas (Aik Kalaq), dan Goa susu dan air terjun di Rinjani. ‘’Potensi geowisata Rinjani juga bagus untuk dikembangkan,’’ ujarnya.


Source : www.lombokpost.co.id

0 comments:

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com